7 Resiko Kesehatan Mental Pada Game Online Kekerasan

7 Resiko Kesehatan Mental Pada Game Online Kekerasan

7 Resiko Kesehatan Mental Pada Game Online Kekerasan – Terkadang pertanyaan tentang risiko kesehatan mental yang bisa muncul pas main game online yang penuh kekerasan? Makanya jangan dianggap remeh yan hal-hal yang demikian. Main game seperti itu bisa bikin stres, bro. Gara-gara suasana game yang intense dan seringkali full sama adegan kekerasan, bisa merusak pikiran, apalagi kalau kamu memang tidak bisa bedakan antara dunia nyata sama game.

Ketagihan bisa jadi bumerang, bro. Kalo sudah kecanduan main game kekerasan, bisa-bisa kamu lupa waktu dan mencari sensasi terus. Sampai-sampai kamu bisa meninggalkan tanggung jawab di dunia nyata, seperti tugas sekolah atau kerjaan. Keseimbangan hidup kamu bisa goyah, gara-gara game saja.

Terus,  game ini bisa bikin agresif juga. Meskipun kalian hanya ingin seru-seruan main game, tapi ternyata efeknya bisa merubah kepribadian kamu jadi lebih agresif. Jadi, ingat ya, jangan sampai game jadi alasan buat melepaskan emosi negatifm u.

Selain itu, risiko kesehatan mental bisa timbul juga kalau kamu tidak berhenti main meskipun sudah tahu kesehatan mental lagi kacau. Kadang orang tidak mau membicarakan masalah kesehatan mental mereka, terutama kalau itu disebabkan sama kebiasaan buruk seperti main game kekerasan.

Efek jangka panjangnya juga bisa mengganggu tidur dan bikin mood swings. Bahkan banyak kita dengar dari dunia nyata, orang yang main game sampai tengah malam dan akhirnya tidurnya terganggu. Ini pasti bikin badan lemas, bro, dan bisa mengganggu aktivitas harian .

Jadi, intinya, main game online kekerasan itu memang seru, tapi kesehatan mental jauh lebih penting.  Jangan sampai hobi main game kamu jadi bumerang buat diri sendiri. Coba sesekali introspeksi, lhat efeknya ke diri mu dan orang sekitar. Jangan lupa selalu ada teman atau keluarga yang bisa kamu ceritakan kalau lagi merasa pikiran terganggu.

7 Resiko Kesehatan Mental Pada Game Online Kekerasan

Bermain game online kekerasan dapat memberikan pengaruh terhadap kesehatan mental seseorang. Meskipun tidak semua orang akan mengalami dampak yang sama, beberapa risiko kesehatan mental yang mungkin timbul.

7 resiko kesehatan mental pada game  online kekerasan :

1. Ketegangan Emosional

Game online kekerasan seringkali mengandung elemen ketegangan emosional yang tinggi, seperti pertempuran, kematian karakter, atau konflik intens. Terlibat secara terus-menerus dalam situasi stres seperti ini dapat menyebabkan tingkat stres yang tinggi dan memicu respons emosional yang kuat.

2. Desensitisasi Terhadap Kekerasan

Terpapar secara berulang-ulang terhadap kekerasan dalam game dapat menyebabkan desensitisasi terhadap kekerasan di dunia nyata. Hal ini dapat mengubah persepsi seseorang terhadap tindakan kekerasan dan membuatnya kurang sensitif terhadap dampak negatifnya.

3. Gangguan Tidur

Keterlibatan yang berlebihan dalam game online kekerasan dapat mengganggu pola tidur. Kesenangan atau ketegangan yang dialami selama bermain game dapat menyebabkan sulitnya untuk meredakan diri dan tidur dengan nyenyak.

4. Keterisoliran Sosial

Beberapa orang mungkin terlalu terlibat dalam game online kekerasan hingga mengabaikan interaksi sosial di dunia nyata. Ini dapat menyebabkan isolasi sosial, kesepian, dan berkurangnya keterlibatan dalam kegiatan sosial yang sehat.

5. Kecanduan Game

Game online kekerasan memiliki potensi untuk menyebabkan kecanduan. Kecanduan game dapat mengganggu kehidupan sehari-hari seseorang, termasuk pekerjaan, hubungan sosial, dan kesehatan fisik.

6. Peningkatan Agresi

Meskipun hubungan antara game kekerasan dan agresi di dunia nyata masih diperdebatkan, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa bermain game kekerasan dapat terkait dengan peningkatan tingkat agresi dan perilaku antisosial.

7. Tekanan Prestasi

Dalam beberapa game online kompetitif, tekanan untuk mencapai tingkat prestasi tertentu atau untuk mempertahankan reputasi dapat menjadi beban psikologis. Ini dapat menyebabkan tingkat stres yang tinggi dan mengarah pada risiko masalah kesehatan mental.

Penting untuk diingat bahwa respons terhadap game online kekerasan dapat bervariasi dari individu ke individu. Beberapa orang mungkin dapat bermain dengan aman dan bertanggung jawab, sementara yang lain mungkin lebih rentan terhadap dampak kesehatan mental negatif. Penting untuk menjaga keseimbangan dan kesadaran terhadap waktu yang dihabiskan dalam bermain game, serta mengambil langkah-langkah untuk menjaga kesehatan mental secara keseluruhan.

Author: Rayres